Type something and hit enter

By Pada
Android 9 Pie, IMG: K. Catur Kusumaningrat
Tak hanya cukup dengan munculnya Android 8 Oreo, kini Google ternyata secara tiba - tiba telah secara resmi meluncurkan sebuah sistem operasi berbasis Android. Ini adalah Android 9 Pie.

Memang rumor akan diluncurkan Android versi teranyar ini sudah lama ada, namun tak kunjung diketahui fitur apa saja yang tersedia di versi teranyarnya ini.

Setelah rilsis, baru diketahui fitur - fitur dan keistimewaan yang terdapat pada Android 9 Pie ini.
Pada Android 9 Pie ini terdapat perbedaan yang cukup mencolok daripada versi os yang telah diluncurkan oleh Google sebelumnya, antara lain adalah hanya tersedianya sebuah tombol yang dapat digunakan untuk melakukan perintah.

Maksudnya adalah pada versi os yang pernah diluncurkan oleh Google sebelumnya terdapat tiga tombol perintah, seperti Home, Back, dan Window atau jendela. Namun pada Android 9 Pie ini hanya tersedia satu tombol perintah saja.

Selain itu, tampilan dashboard Android 9 ini cukup sederhana dan simpel. User hanya dapat melakukan gerakan kekanan dan kekiri saja, dan tidak tersedia menu khusus.

Ini tampaknya akan membuat konsumsi daya baterai pada smartphone dapat ditekan agar awet dan tahan lama. Lainnya, Google juga tampaknya sangat memerhatikan penggunaan ponsel secara berlebihan atau banyak jam yang dihabiskan oleh pengguna untuk bermain ponsel, karena itulah Google menambahkan sebuah fitur unik pada Android 9 Pie ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat berapa lama mereka menggunakan ponselnya dan berapa lama sebuah Aplikasi digunakan.

Karena baru saja dirilis, maka Android 9 Pie ini hanya tersedia di perangkat Google Pixel dan beberapa perangkat pilihan lainnya. Namun seiring perkembangan akan diluncurkan di banyak jenis dan tipe ponsel.

Tekan Untuk Komentar!